Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Berbasis Web

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh screenshot sistem pendukung keputusan multikriteria berbasis web. DSS ini saya beri nama Simply AHP Web Decision Support System.

Simply AHP Web DSS adalah aplikasi pengambil keputusan untuk masalah multikriteria yang menggunakan metode AHP. DSS ini saya buat bulan Januari 2010 lalu, namun baru sempat saya posting disini sekarang :)

Klik Disini untuk mempelajari metode AHP dan MultiCriteria Decision Making.

Dan klik Disini untuk mendownload contoh perhitungan metode AHP (Contoh ini digunakan dlm ujicoba DSS yg saya buat) => File sudah tidak ada.

Berikut Ini adalah screenshoot Simply AHP Web DSS Versi 1.0 (Klik untuk Download Source Code) => File sudah tidak ada.

Bagi Anda yang berminat mendapatkan source code SPK metode AHP dengan studi kasus Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Silahkan klik link berikut ini.

Masalah, Kriteria Penilaian dan Pilihan

Perbandingan Antar Kriteria

Hasil Perbandingan Antar Kriteria

Perbandingan Antar Pilihan Untuk Setiap Kriteria

Hasil Perbandingan Antar Pilihan Untuk Setiap Kriteria

Keputusan Akhir

About these ads

69 thoughts on “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Berbasis Web

    • @Pleasehelp: Anda dapat mempelajari metode AHP dari referensi yang saya berikan. Pelajari cara perhitungannya, kemudian pindahkan kedalam bentuk kode program. Untuk kode program yang saya buat akan saya upload nanti..(coz saya lupa filenya ada dimana :))

  1. Mas,,minta contoh aplikasi dss yg diatas dong, yg memilih cms itu…buat belajar menggunakan metode ahp nya…
    kirim ke email ku ya mas…
    makasih…

    • Situs nya masih bisa kok, gw udah coba di laptop gw dan masih bisa dibuka. Klw referensi lain sih banyak. Coba aja googling dengan keyword Analytical Hierarchy Process. Good luck.

  2. Ping-balik: Source Code Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode AHP Berbasis Web «

  3. Mas, saya juga lagi belajar nih, Metode AHP. tapi, source code nya ad passwordnya. tolong dikrim ya mas passwordnya. terimakasih

  4. Saat ini saya sudah menyediakan contoh SPK yang pake database. Studi kasusnya adalah Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Harganya 350.000. Untuk pemesanan silahkan hub melalui sms : 085296352409

  5. Bila Anda kesulitan dalam membuat DSS dengan metode AHP baik untuk skripsi,TA,tugas atau untuk dipakai di kantor, saya bersedia membantu Anda. Saat ini saya menyediakan layanan pembuatan DSS dengan metode AHP berbasis web untuk segala keperluan dan disesuaikan dengan kasus yang Anda hadapi. Bila berminat, silahkan hub di 085296352409 untuk info lebih lanjut. Trims.

    • Untuk saat ini saya baru menguasai AHP. Mudah2-an kedepannya saya bisa buat SPK dengan metode lain seperti SAW,WPM,SMART,TOPSIS,Electre,Promethee dan FIS.

      • owh y2,.,.ada web lain na ga????sperti SPK mengenai penerimaan karyawan gt,., .,memakai metode AHP na,.,.,thx u,.,

      • Saat ini saya menawarkan jasa pembuatan sistem pendukung keputusan baik untuk tugas kuliah, skripsi/TA, atau untuk keperluan komersial. DSS dibuat sesuai Studi kasus / langsung dari masalah Anda sendiri. Metodenya bisa pilih sendiri, yakni AHP, SAW, WPM dan TOPSIS. Sedangkan bahasa pemrogramannya saat ini yang dipakai adalah PHP dan menggunakan database MySQL.

        Rincian Pembuatan Source Code SPK:
        1. Lama pembuatan SPK max 1 bulan (terhitung tgl deal).
        2. Biaya u/ SPK dgn sampel langsung masalah Anda = Rp 1500000
        3. Yang anda dapatkan : source code dss, perhitungan manualnya, design, dan dokumentasi dss
        4. Tidak ada tawar menawar harga
        5. Karena yang mengerjakan hanya saya sendiri dan waktu yang terbatas (max 30 hari), maka saya hanya mengerjakan 1 order saja/bulan. Misal, Si A order dan deal hari ini, kemudian Si B order dan deal besok. Maka yang saya kerjakan adalah orderan Si A. Sedangkan saya akan konfirm ke Si B bahwa orderannya baru bisa dikerjakan bulan berikutnya.

        Karena waktu pengerjaannya 1 bulan, maka segeralah confirm ke saya bila anda berminat. Maaf, Saya tidak menerima permintaan yang mendesak (artinya harus selesai 1 minggu, 2 minggu, 1 hari, dll) karena semuanya itu perlu proses dan agar hasilnya maksimal dan yang terpenting anda tidak rugi, sayapun tidak rugi.

        Silahkan hub saya melalui SMS ONLY : 085296352409 bila berminat.

  6. slamat siang bang…?
    aq sedang nyusun skripsi tentang sistem perekrutan pegawai menggunakan metode AHP.

    bang ada punya file untuk cara menghitung nilai kriteria2 masing2 matrik ga…?

    aq sangat membutuhkan nie…?

    sekarang nyari Buku referensi tentang AHP aja susahhhh bangeeeett

    makasih sebelumnya bang

    • @lili: Kualitatif dan kuantitatif itu adalah parameter sebuah input bukan metode. Kualitatif adalah parameter input(masukan) yang sesuai dengan persepsi manusia, sedangkan kuantitatif adalah parameter input yang sesuai dengan data. Sedangkan AHP adalah salah satu metode MCDM (Multi Criteria Decision Making) yang memperhitungkan hal kualitatif dan kuantitatif sekaligus. Contoh : kriteria Harga dengan nilai Mahal, Sedang dan Murah ditentukan nilainya dengan persepsi manusia (dalam AHP menggunakan Skala Perbandingan 1-9 Saaty) sedangkan kriteria IPK(Indeks Prestasi Kumulatif) nilainya ditentukan sesuai dengan data yang ada. Semoga membantu.

    • @silo: Saya tidak punya source code DSS pemilihan notebook. Tp kalau diminta untuk membuatkannya, saya bisa :). Untuk pembuatan DSS sesuai permintaan Anda (Anda tinggal sediakan data-data pendukungnya), dikenakan biaya Rp 1.500.000,-. Silahkan SMS saya untuk Fast Response (085296352409)

    • @feric12k: Saya baru sedikit memahami metode ANP. Perbedaan ANP dengan AHP adalah pada metode ANP ada ketergantungan(dependence) dan umpan balik (feedback) baik antara alternatif terhadap alternatif lainnya atau antara kriteria terhadap alternatif maupun sebaliknya. Kalau untuk implementasinya dalam program, saya belum buat. Silahkan Anda coba membuatnya dengan memahami dahulu referensi berikut ini

    • Hmm, sebenarnya ini udah diluar topik posting saya :). Oke, sekedar membantu, kalau Anda ingin membuat program multimedia dgn flash, berikut ini salah satu link belajar flash berbahasa Indonesia dan dilengkapi source code “free” klik disini. Semoga membantu.

    • Sebelumnya maaf baru balas komentar Anda. Ini dikarenakan laptop saya kena malware dan hang selama 1 minggu. Huff, untung udah bisa saya atasi. Untuk source code SPK diatas sepertinya memang file tsb sudah dihapus di file hostingnya. So, mungkin temen2 lain yang udah punya dan download file itu bisa bantu mbak fitri :). Kalau mau saya yg bantu, silahkan hub saya, tapi ada biayanya sebesar 1.500.000 dan syarat yang lain : Anda tidak harus menguasai AHP (karena nti saya jelasin) tapi paling tidak Anda tahu sistem yang mau dibuat alur kerjanya seperti apa (biar saya ngga bingung dan kerja berulang2 kali, kalau cuman perbaikan sampai 2 kali sih ngga papa).

  7. mas,mw tanya selain metode AHP,kalo metode weighted product bs ga? dn kalo user input sendiri kriteria dn alternatifnya bs g ? jd kasusnya bs banyak,g hanya satu aja…

    • @b370_katrok: maksudnya gimana mas (bantu nyelesein AHP tanpa program)? Klw anda cuman bingung AHP-nya silahkan dipelajari dulu melalui link belajar yang telah saya berikan di artikel.

  8. mas, mau minta saran boleh?

    saya sedang dalam tahap pembuatan skripsi. nah saya sedang mengalami kebingungan karena skripsi saya ada mengandung unsur Pendukung Keputusan. nantinya program saya akan saya buat berbasis web.
    saya mohon saran, sekiranya data saya ini bisa digunakan menggunakan SPK. kira – kira metode apa yang cocok untuk digunakan dalam program nantinya?
    Dan bila saya buat tanpa unsur SPK, apakah bisa dan apakah malah menghabiskan banyak syntax IF?

    saya mengambil tema tentang uji kelayakan SNI. adapun parameternya nanti seperti ini :
    parameter || standar || hasil uji labor || hasil analisa
    kadar air || maks.7 || 4,53 || memenuhi

    nah hasil analisa itu yang akan saya hasilkan dalam program saya, kira-kira bagaimana solusi yang tepat? terimakasih.

    • @utecute:
      Trims atas kunjungannya ke webblog saya. Saya belum begitu paham dengan uji kelayakan SNI dan cara pehitungannya. Tapi disini saya coba membantu memberikan beberapa saran yg mudah-mudahan membantu anda:

      • Anda harus tahu dulu apa topik masalah yang mau diangkat. Anda mengatakan mau buat sistem yang ada pendukung keputusannya untuk uji kelayakan SNI. Maka, yang mau di uji kelayakan SNI-nya itu harus ditentukan terlebih dulu (Cth. DSS Pemilihan Helm Sesuai Uji Kelayakan SNI). Nah Setelah itu anda cari apa yang dimaksud SNI itu dan bagaimana cara perhitungannya khusus untuk topik yang sudah ditentukan (Mungkin anda bisa bertanya ke orang yg benar2 paham uji kelayakan SNI).
      • Konsultasikan ke dosen pembimbing anda dahulu, sebelum anda memulai mengerjakan sistem (mudah-mudahan ada masukan dari dosennya)
      • terimakasih mas mau membalas komen saya, jadi gini saya mau membahas kelayakan SNI terhadap pengawasan mutu produk. produk disini membahas produk industri (seperti Air Minum Dalam Kemasan, Garam dll).
        nah masing2 produk tersebut telah mempunyai parameter penilaian tersendiri serta syarat mutu agar bisa lulus uji dan mendapatkan sertifikat SNI nantinya.

        nantinya yang mau saya jadikan penentuan keputusan itu ialah hasil uji dari laboratorium (karena nantinya program akan digunakan oleh pihak laboratorium)

        yang saya bingungkan sekarang, adalah penentuan metode pendukung keputusan yang tepat terhadap topik saya ini. seperti yang saya kemukakan pertama kali, ini adalah salah satu contoh parameter dalam produk Garam (masih banyak parameter lainnya) :

        parameter || standar || hasil uji labor || hasil analisa
        kadar air || maks.7 || 4,53 || memenuhi

        bila selama ini pihak laboratorium menulis sendiri hasil analisa “memenuhi/tidak memenuhi” , maka yang ingin saya ubah ialah membuat suatu sistem dimana memberikan kemudahan bagi pihak labor, hanya mengetikkan hasil uji labor “4,53″ .dan nantinya akan diolah oleh sistem.

        maaf mas, kalo penjelasan saya panjang sekali. karena saya sedang dikejar deadline untuk menyelesaikan skripsi ini, saya hanya mentok di metode SPK ini saja. mohon diberikan pencerahan kembali, karena dosen saya menyuruh saya membaca metode di internet, tp kebanyakan kasusnya gak ada kayak topik saya :(

      • @utecute: Ok, memang kasus yang anda angkat belum saya temui di internet. Saran saya agar bahasan skripsi dan sistemnya ngga terlalu luas, lebih baik anda fokuskan ke uji kelayakan mutu salah satu produk saja. Misal: Anda fokuskan ke pengawasan mutu produk garam saja (atau yang lainnya). Lalu buat list kriteria penilaian uji kelayakan garam itu apa saja. Dan syarat produk garam itu memenuhi kelayakan SNI itu apa? Nah kalau semuanya udah jelas baru bisa ditelusuri, baiknya menggunakan metode apa. Sebagai gambaran saja, Sebuah PT ingin mencari calon karyawan dari beberapa pelamar. Masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan perankingan menggunakan MADM (Multi Attribut Decision Making) dan metode MADM yang bisa dipakai adalah AHP,SAW,WPM,TOPSIS. Nah, balik lagi ke kasus Anda, coba anda renungkan dulu, apakah kasus anda bisa dikategorikan masalah perankingan, kalau bisa maka anda dapat menggunakan salah satu dari Metode MADM yang saya jelaskan sebelumnya. Kalau tidak, maka anda dapat menggunakan sistem berbasis aturan (Rule Based) saja. Semoga membantu.

  9. list kriteria penilaian uji Garam yang anda maksud ialah apa saja parameter produk Garam yang harus di uji kan? kalo parameternya, saya udah ada datanya mas. tinggal saya simpan ke dalam database saja :)

    nah sepertinya punya saya ini bukan termasuk perangkingan. karena tidak ada parameter yang dijadikan rangking 1 dst. serta hanya berdasarkan hasil uji itu saja sebagai landasan penentuan keputusannya.
    dan sepertinya setelah saya baca mengenai Rule Based ini, saya merasa itu yang cukup tepat untuk topik saya. semoga saja, sehingga saya tidak harus memikirkan lagi metode apa yang sesuai, dan nanti akan saya coba konsul dengan dosen saya.
    Rule Based ini biasa digunakan untuk sistem pakar ya mas? tapi masi bisa dikategorikan sebagai pendukung keputusan kan?

    terimakasih sekali saya ucapkan, karena anda mau membantu saya dan memberikan pencerahan kepada saya mengenai topik saya ini. saya sangat terbantu sekali karena di saat mentok gini, akhirnya saya bisa berfikir kembali. :)

    • @utecute: Sama2. Saran saya, sering2 surfing di internet cari referensi ttg metode rule based sistem atau tabel keputusan. Baca2 ebook ttg dss, jurnal dan skripsi yg berhubungan dgn topik anda. Supaya bisa membantu anda menemukan solusinya dan rajin2 konsultasi ke pembimbing (ini paling penting). Sukses untuk skripsinya :)

      • iya, terimakasih. saya akan ikuti saran anda untuk mencari ttg metode rule based sistem itu.
        aamiin,smoga saja lancar skripsi ini dan sekali lagi terimakasih banyak.
        sukses selalu untuk anda mas :D

  10. saya ada cerita nih gan.
    begini ceritanya, suatu hari saya sedang mengerjakan skripsi, sudah berkali kali saya melakukan bimbingan dengan dosen dengan judul ini, dan hampir selesai, nah tiba-tiba saja setelah mendekati ujian prposal skripsi, dosen pembimbing saya menyuruh saya untuk mengganti judul saya… langsung pusing kepala saya :(
    lalu dosen saya menyarankan untuk mengganti judul saya dengan “Sistem pendukung keputusan penerimaan mahasiswa baru teknik informatika, berbasis WEB menggunakan metode Decision Table” dan saya sama sekali tidak tau tentang metode Decision table, Mohon pencerahannya tentang masalah saya ini, makasih sebelumnya

    • Maaf baru bisa balas sekarang dikarenakan saya baru sempat buka blog hari ini :). Biasanya bila judul skripsi diminta diubah, itu dikarenakan mungkin metode yg digunakan belum tepat atau mungkin ada metode lain yang lebih tepat untuk digunakan. Saran saya, ikuti saja saran dosen Anda tersebut dan cari referensi ttg metode yang baru tsb.

    • @cahsh: decision making itu adalah proses pengambilan keputusan. sedangkan decision table itu adalah salah satu metode yang dapat digunakan dalam decision making (proses pengambilan keputusan). biasanya decision table dipakai untuk menyelesaikan masalah yang tidak melibatkan banyak alternatif. nantinya dalam metode ini menggunakan bantuan tabel yang berisi aturan/hubungan yang mempengaruhi beberapa atribut yang mempengaruhi atribut lainnya. Silahkan googling untuk lebih detilnya :)

      • ohh….terimakasih teman… :)
        terus perhitungannya decision table sama AHP lebih sulit mana ya?? dan misal untuk permasalahan mendapatkan mahasiswa terbaik mengunakan metode apa yang pas??? pliss bls in sms 085 790 888 647 thx before :D

  11. mas ak mo ngajuin TK tpi bingung mo pke metode apa,kra2 metode yg pas buat spk untuk menentukan media promosi untuk sma apa ya??

    • @faza: Jika pilihan media promosi nya ada banyak dan ada kriteria-kriteria tertentu untuk memilihnya, maka algoritma MADM dapat anda gunakan. Beberapa algoritma MADM yang bisa digunakan antara lain Weighting Product (Paling Simpel dan mudah diimplementasikan), Simple Additive Weighting (SAW), AHP dan TOPSIS.

      Ketiga algoritma MADM diatas, Weighting Product, SAW dan AHP telah saya implementasikan dalam bentun SPK sudah jadi. Anda bisa pesan salah satu diantaranya untuk dipelajari :) Good luck

  12. mas,,,
    saya kebetulan sedang mengerjakan TA judul SPK penentuan gaji karyawan dg metode ahp,,saya bingung nnti perhitungan sampai muncul angka kenaikan nominal kenaikan gajinya gimana??
    thanx

    • @Bee: Kalau dilihat dari kasus Anda, maka AHP dipakai untuk meranking karyawan yang akan mendapat kenaikan gaji berdasarkan kriteria penilaian tertentu. Dari hasil ranking tersebut, Anda bisa menentukan kenaikan gaji untuk masing-masing karyawan. misal, untuk ranking 1-5 mendapat kenaikan gaji 5% dari gaji awal. Anda tinggal membuat script kondisi IF-Then untuk melakukan hal ini. Atau jika ingin lebih dinamis, anda bisa buat tabel di database untuk menampung kondisi kenaikan gajinya. Demikian semoga membantu :)

    • @Arneymar Winata : Kalau untuk artikel tentang AHP saya sudah kasih linknya. Coba liat di postingan sebelumnya yang membahas AHP. Kalau untuk metode lain, silahkan googling sendiri ya :) pasti ketemu. Kalau saya sendiri belum sempat buat artikel khusus membahas algoritma tersebut. Tapi kalau contoh aplikasinya saya sudah buat dan bisa anda pesan jika berminat :). Semoga membantu.

    • @Abdullah Umar Babsel : Jika MAmdani itu masuk kedalam fuzzy logic. Jika AHP dikombinasikan dengan Mamdani maka akan menjadi Fuzzy AHP. Pada dasarnya itu bisa dilakukan dan itu merupakan pengembangan lebih lanjut untuk menyelesaikan masalah MADM yang memiliki kriteria/alternatif dengan nilai fuzzy. Untuk saat ini saya hanya membuat SPK dengan AHP saja.

  13. Dear Mas Kroserva,
    saya seorang buruh, saya minat untuk buat skripsi tentang Spk menggunakan AHP, tapi saya masih banyak kesulitan2. untuk lebih lanjut, apakah saya bisa menghubungi no HP yang ini 085296352409. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s