Plugin Enkripsi Notepad++ Dengan Solitaire Cipher

Ide awal membuat plugin untuk Notepad++ adalah setelah saya berkunjung ke web ini. Disana saya mendapatkan banyak sekali makalah tentang kriptografi dan contoh implementasinya pada beragam aplikasi. Salah satu diantaranya adalah sebagai add-in di aplikasi word. Setelah itu saya pun tertarik untuk mencoba membuat add-in atau plugin enkripsi pada aplikasi lain.

Kemudian saya melanjutkan perjalanan untuk mensukseskan ide saya sebelumnya yaitu membuat add-in atau plugin enkripsi. Perjalanan saya dengan om Google pun terhenti disini. Setelah mengeksplorasi situs tersebut, ternyata Notepad++ menyediakan pustaka yang cukup lengkap bagi para penggunanya yang ingin menambah kemampuan Notepad++ dengan membuat plugin. Karena itu saya pun memutuskan untuk menjadikan Notepad++ sebagai objek plugin enkripsi yang akan dibuat.

Setelah mendownload semua ‘amunisi’ (template plugin maksudnya), saya mengajak om Google berselancar kembali untuk mencari cipher yang unik dan menarik sebagai ‘senjata’ dari plugin enkripsi yang akan dibuat. Perhentian selanjutnya sampai disini. Pertama-tama sih lumayan sulit untuk akrab dengan si cipher (solitaire cipher maksudnya), tapi lama-lama akhirnya ada titik temu juga.

Sekarang saatnya mempersiapkan amunisi,senjata dan merakitnya menjadi plugin enkripsi Notepad++.
Amunisi yang digunakan : Template untuk Delphi
Senjata yang digunakan : Solitaire Cipher

Butuh kurang lebih tiga minggu (bulan Juli 2010) untuk merakit ‘amunisi’ dan ‘senjata’ menjadi kesatuan yang lengkap yakni sebuah plugin enkripsi Notepad++. Tapi akhirnya keringat kerja keras terbayar tuntas setelah berhasil melihat gambar dibawah ini dengan senyum puas🙂
Plugin Solipad dapat anda download disini.

  1. Keadaan Awal
  2. solipad

  3. Enkripsi Teks
  4. solipad enkripsi

  5. Dekripsi Teks
  6. solipad dekripsi

Tinggalkan Balasan

