Malware System Check

Huff, Awal tahun 2012(lupa kapan, yang jelas minggu pertama dan kedua Januari) ini gw dikasih kejutan sama notifikasi system check yang memberitahu bahwa laptop gw ada kerusakan hard drive, memory, file system dan bla bla bla. Yang semuanya itu pada intinya membuat gw ambil kesimpulan “Harus install ulang OS nih” coz udah ngga bisa ngapa-ngapain lagi.

Awalnya, gw coba tenang dulu. Gw coba install ulang, eh ternyata ngga bisa juga coz peringatan file system rusak muncul saat mau install ulang OS. Sampai tahap itu gw mulai grogi juga. Coz gw ngeri juga kalau-kalau emang bener ada masalah ama hard drive yang ngga bisa ngebaca file system. Gw mutusin untuk tenang dan ngga langsung ngebawa laptop gw ke tempat service (gw malu juga kan, masa anak IT ngga bisa ngurus masalah software.. tapi kalau masalahnya udah ke hardware, mau ngga mau gw harus bawa laptop gw ke service centernya)

Hampir 1 minggu gw ngga megang laptop coz udah black screen dan mati total. Seminggu kemudian, gw pake PC untuk coba googling dengan kata kunci system check dan ketemu deh link ini http://www.bleepingcomputer.com/virus-removal/remove-system-check. Dari situ gw agak lega coz ternyata ini adalah ulah malware bukan masalah hardware. Stelah itu gw pake kata kunci remove malware system check dan ternyata gw makin yakin emang ini ulah malware yang namanya system check. Truz gw bersihin deh tuh malware dgn cara seperti ini :

  1. Masukkan key untuk menghilangkan notifikasi system check (silahkan di googling)
  2. Download Malwarebyte Anti Malware dari softpedia dan SMADAV dari smadav.net dan simpan di flashdisk
  3. Gw masuk ke safe mode caranya saat mau booting tekan F8
  4. Pilih Safe Mode With Networking
  5. Truz install Malwarebyte Anti Malware dan lakukan quick scan dan full scan
  6. Bersihkan semua yang ngga beres
  7. Terus jangan restart dulu
  8. Install SMADAV
  9. Lakukan Full Scan System (klik centang semua)
  10. Bersihkan semua yang ngga beres
  11. Baru gw restart laptopnya
  12. Dan saat masuk ke Windows XP, smua sudah kembali seperti sedia kala
  13. Thx Google dan semua yang mau berbagi di Internet (Sharing is Sexy)

Semoga pengalaman gw ini, bisa membantu temen2 yang sedang mengalami hal yang serupa.

Tinggalkan Balasan

