PROFILE MATCHING / GAP ALGORITHM UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Profile Matching / Gap Algorithm adalah algoritma pengambilan keputusan yang mengasumsikan adanya variabel yang ideal (selanjutnya disebut profil ideal) yang harus dimiliki oleh solusi / alternatif pilihan. Dalam algoritma ini dilakukan pencocokan profil yang diukur menggunakan beberapa kriteria penilaian. Solusi terpilih berdasarkan alternatif pilihan yang memiliki profil paling mendekati dengan profil ideal.

Beberapa studi kasus algoritma profile matching ini diantaranya seleksi karyawan, sertifikasi guru, promosi kenaikan jabatan dan lain-lain. Algoritma profile matching selanjutnya akan menjadi topik riset penulis yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Sama seperti halnya dengan beberapa algoritma MADM yang sudah diimplementasikan sebelumnya, algoritma profile matching juga akan diimplementasikan dalam bahasa pemrograman PHP (prosedural/belum oop) dan menggunakan database MySQL.

Seperti biasa, saya tidak membahas algoritma secara menyeluruh melainkan akan langung mengimplementasikan dalam kasus riset berikutnya. Untuk penjelasan dan pembahasan algoritma, silahkan googling untuk referensi lebih akurat.

UPDATE : Dapatkan Source Code Sistem Pendukung Keputusan Dengan Algoritma Profile Matching, Studi Kasus Pemberian Beasiswa Jurusan IPA SMA dini

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s